Ciri Minyak Goreng Dengan Kualitas Yang Baik


Ciri Minyak Goreng Dengan Kualitas Yang Baik

Ciri Minyak Goreng Dengan Kualitas Yang Baik

Minyak Goreng merupakan salah satu dari kebutuhan pokok masyarakat yang digunakan sebagai penggorengan. Dijaman sekarang ini banyak distributor minyak goreng yang menawarkan berbagai varian minyak goreng dan jenisnya, bahkan ada jenis minyak goreng yang sudah diklaim menyehatkan.

Namun apabila ditelusuri lebih jauh lagi, banyak yang mengatakan bahwa ciri minyak goreng yang berkualitas yaitu memiliki warna jernih, anti beku dan bebas dari kolesterol. Walaupun begitu kita harus memahami tentang karakteristik minyak goreng yang berkualitas dan apa ciri-ciri minyak goreng yang bebas dari kolesterol, pada industri minyak goreng pastinya akan memperhatikan beberapa hal berikut dalam memproduksi produknya.

Berikut Ini Beberapa Hal Ciri Minyak Goreng Dengan Kualitas Yang Baik :

1. Minyak Goreng Memiliki Warna dan Kejernihan Yang Bagus

Minyak goreng yang baik itu memiliki warna yang terlihat jernih, Standarisasi jernih bisa dilihat misalnya cenderung lebih bening dan tidak pekat. Selain dari segi kejernihannya bisa juga dari segi warnanya pilihlah minyak goreng yang mempunyai warna kuning kecoklatan cenderung cerah atau jernih. Namun apabila warnanya sudah mulai menghitam berati tandanya minyak goreng sudah digunakan untuk beberapa kali proses penggorengan.

2. Memiliki Aroma Minyak Goreng Yang Segar

Minyak goreng yang kualitasnya bagus, bebas dari kolesterol, baik dan sehat itu memiliki aroma yang khas serta tidak tercium bau yang tengik. Oleh karena itu apabila anda membeli minyak yang sudah memiliki bau yang tengik maka sebaiknya jangan gunakan minyak goreng tersebut sudah tidak bagus atau bisa dipastikan bahwa minyak itu sudah rusak.

3. Karaketeristik Minyak Goreng Dengan Kekentalan Yang Pas

Usahakan pada saat membeli minyak goreng itu tidak terlalu encer ataupun terlalu kental, apabila minyak goreng yang berasal dari kelapa sawit khususnya tidak akan mudah membeku maka minyak ini layak dipilih. Hal ini dikarenakan minyak goreng yang tidak mudah membeku cenderung menyehatkan. Namun pastinya di setiap industri minyak tentu kekentalan minyak goreng sudah melewati pengujian menggunakan alat pengukur kekentalan ini dapat melakukan pengukuran denga cepat dan akurat.

4. Komposisi Minyak Goreng Yang Murni

Selain memperhatikan dari karakteristik minyak goreng, namun minyak goreng juga harus diperhatikan dari komposisisnya. Akan tetapi pada zaman sekarang hampir semua minyak goreng itu memiliki komposisi yang sama, hal yang membedakannya mungkin ada beberapa produsen yang menambahkan ekstra vitamin saja. Sehingga perbedaan komposisi mungkin bisa anda dapatkan ketika membeli minyak goreng curah atau yang tidak memiliki merek dagang.

5. Memiliki Titik Didih (titik asap) Yang Tinggi

Ciri ini memang baru bisa didapatkan ketika sudah membelinya, cara sederhanaagar dapat mengetahuinya yaitu pada saat menggoreng lihatlah apakah minyak goreng tersebut terlihat lebih cepat menimbukan asap atau tidak.

Apabila minyak goreng cepat menguap bisa dipertimbangkan agar mencari merk yang lainnya, akan tetapi tidak usah terlalu terburu-buru karena hal tersebut hanyalah menunjukan kualitas dan kadar asam lemak yang ada pada minyak goreng tersebut. Sehingga tidak secara signifikan menunjukkan baik atau buruknya kualitas dari suatu minyak goreng.