5 Keuntungan Dalam Budidaya Belut Tanpa Menggunakan Lumpur


5 Keuntungan Dalam Budidaya Belut Tanpa Menggunakan Lumpur

5 Keuntungan Dalam Budidaya Belut Tanpa Menggunakan Lumpur

5 Keuntungan Dalam Budidaya Belut Tanpa Menggunakan Lumpur – Belut merupakan salah satu jenis ikan yang bila dipegang menggunakan tangan sangat licin karena ikan ini memiliki lendir dibagian kulitnya, namun ikan belut ini banyak di budidayakan dikarenakan ikan ini memiliki cita rasa yang enak, gurih dan kandungan nutrisi tinggi.

Sehingga ikan belut ini banyak diminati oleh masyarakat, oleh sebab itu para pembudidaya ikan belut kini semakin meningkat. Mungkin sebagian orang belut itu harus dibudidaya menggunakan lumpur, akan tetapi membudidaya ikan belut juga dapat menggunakan air saja tampa harus menggunakan lumpur seperti belut biasanya.

Pastinya dalam membudidaya ikan belut menggunakan air, yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan hidup belut sama seperti menggunakan lumpur sebagai mana mestinya belut hidup di dalam lumpur. Seperti parameter seperti pH, kadar oksigen terlarut, suhunya dll harus sangat diperhatikan agar belut dapat hidup pada air tersebut, oleh sebab itu untuk mengetahui kandungan yang terlarut dalam air itu anda dapat menggunakan alat pH Meter, DO Meter atau Termometer, alat-alat ini merupakan alat penting dalam memantau kondisi air pada kolam yang akan digunakan sebagai budidaya.

Berikut Ini 5 Keuntungan Dalam Budidaya Belut Tanpa Menggunakan Lumpur :

1. Mudah Dalam Pemberian Pakan

Dikarenakan tidak menggunakan lumpur dalam membudidaya ikan belut, anda dapat melihat secara jelas pada saat meberikan pakan sehingga kebutuhan pakan belut dapat ditakar dengan tepat. Pemberian pakan yang tepat juga dapat mengakibatkan perkembangan belut dengan sempurna, sehingga dapat memperoleh keberhasilan budidaya ikan belut.

2. Mudah Dalam Melakukan Monitoring

Membudi daya ikan belut tampa menggunakan lumpur dapat melakukan monitoring atau memantau kesehatan si belut dapat dengan mudah karena bisa terlihat secara langsung, bila mana kesehatan si belut dalam keadaan yang kurang baik. Penangan ini merupakan penanganan yang cepat dan tepat karena dapat mencegah kematian si belut atau penularan penyakit kebelut lainnya.

3. Dapat Memilih Kanibalisme Pada Belut

Belut jika di habitat yang sebenarnya yaitu belut yang hidup pada lumpur akan menguasai daerahnya sehingga jika ada belut lainnya yang mendekati daerah kekuasaanya akan secara langsung menyerangnya dan bila kalah otomatis akan dimakan oleh si pemenang. Nah jika menggunakan media air bersih belut yang memiliki sifat kanibalisme dapat di pisahkan dengan mudah.

4. Bisa Melakukan Tebar Bibit Belut Secara Banyak

Jika dibandingkan dengan membudidaya ikan belut menggunakan media lumpur hanya dapat menebar belut yang tidak terlalu banyak, namum lain jika membudidaya ikan belut tampa menggunakan lumpur. Jika anda membudidaya ikan belut tampa menggunakan lumpur anda akan jauh lebih banyak menebarkan bibit belut ikan belut, hal ini tentunya akan menguntungkan lebih banyak dibandingkan membudidaya ikan belut menggunakan lumpur.

5. Mudah Dalam Hal Memanen Ikan Belut

Proses pemanenan belut pun dapat dengan mudah dikarenakan hanya menggunakan air, lain jika menggunakan lumpur belut akan susah di dapatkan bila di dalam lumpur dan prosesnya pun panjang. Apabila menggunakan air anda hanya perlu mengeringkan atau membuang air yang ada pada kolam dan ikan belutpun dapan dengan mudah di ambil menggunakan seser.